Manfaat Buah Anggur-Buah anggur memiliki nama latin vitis vinera merupakan buah yang berasal dari sebuah kawasan di selatan antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia. Buah ini kemudian di budidaya di daerah tropik hingga akhirnya menyebar juga di daerah subtropik. Di daerah subtropik ternyata tanaman ini tumbuh lebih baik karena lebih mendapat lingkungan yang pas. Tanaman ini sebenarnya sudah di budidayakan sejak tahun 4000 SM di sekitar Timur Tengah, akan tetapi proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan sekitar 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Anggur merupakan buah dengan warna yang cukup beragam, mulai dari hijau, merah, sampai ungu kehitaman. Buah ini sangat banyak peminatnya karena rasanya yang manis walaupun ada beberapa jenis memiliki rasa yang asam, namun buah ini sangat populer karena memilki rasa, tekstrur dan juga tampilan yang menarik. Buah ini kaya akan antioksidan berkat kandungan vitamin A dan vitamin C. Anggur juga mengandung kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tabel di bawah ini.

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Gula 15.48 g
Serat pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Thiamine (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niacin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantothenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 μg (1%)
Vitamin B12 0 μg (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 μg (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Seng 0.07 mg (1%)

Buah anggur juga memiliki banyak manfaat yang baik tubuh kita, diantarnya adalah :

  1. Mengatasi Sembelit

Anggur memiliki kandungan asam organik, selulosa dan gula yang membantu Dallam mengatasi masalah sembelit. Kandungan gizi yang terdapat di Dallam buah anggur juga sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit. Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah dengan membuat anggur menjadi jus yang murni tanpa campuran air

  1. Memperlambat Penuaan

Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat berguna untuk menunda penuaan. Jadi buah ini juga sangat baik di konsumsi setiap hari.

  1. Mengatur Gula Darah

Kandungan Fitonitrien di dalam buah anggur sangat membantu untuk mengatur gula darah dan meningkatkan sensivitas insulin. Anggur juga memiliki kandungan indeks gikemik yang sangat rendah sehingga anggur juga di klaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah tidak seimbang.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Senyawa fenol yang terdapat pada anggur merah disebut-sebut dapat menjegah penyakit jantung karena mempunyai sifat antioksidan yang kuat. Sedangkan resvartol pada anggur merah dan hitam khususnya sangat berpotensi guna menurunkan resiko terkena jantung koroner. Anggur sangat baik Dallam mencegah mencegah penyakit jantung. Anda cukup meminum satu gelas jus anggur atau memakanya Dallam keadaan mentah. Cara ini sangat efektif untuk menjaga jantung anda.

  1. Mencegah Kangker

Anggur juga merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber antioksidan dan anti inflamasi nutris, yang dapat membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kangker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidis yang sangat kuat yang terdapat pada buah anggur memiliki sifat anti peradangan yang sangat dapat menyingkirkan pertumbuhan kangker.

  1. Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian yang di lakukan di Italia menunjukkan bahwa pada angur terdapat melatonin, yang merupakan hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia dpata mengkonsumsi buah anggur guna mengatasi penyakit insomnia mereka.

  1. Mengatasi Hipertensi

Kandungan Kalium dan melatonin yang terdapat pada buah anggur sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh darah dari lemak.

  1. Menghambat Sel Kangker

Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Mencegah Diabetes

Kandungan mangan yang terdapat pada anggur mampu menjaga kestabilan gula dalama darah dan membantu mengurangi dan mencegah diabetes.

Yup itu tadi merupakan beberapa manfaat dari anggur yang saya peroleh dari berbagai sumber. Seperti yang kita ketahui bawaha hampir setiap buah pasti memiliki kandungan yang sangat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga dengan membaca artikel Manfaat Buah Anggur ini anda dapat mengambil manfaatnya dan muali hidup dengan lebih sehat lagi. Ok salam sehat dari saya hehe.

Sumber : Manfaatsehatnya, wikipdia, manfaattumbuhan, yusufilatumbuhan.google image

Iklan